Trucking
Now Reading
Yang Perlu Anda Ketahui tentang Rasio Berat Pickup Truck
0

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Rasio Berat Pickup Truck

 

Ram-Longhorn-3500-rear-tow

Pickup truck

Kalau Anda menarik atau menggandeng muatan berat sebagai bagian dari bisnis Anda, ada banyak hal yang menjadi perhatian Anda dan menyadari bahwa tanpa no suspension upgrades to your vehicle akan mengubah jumlah tersebut.

Juga penting untuk dicatat bahwa, melampaui peringkat-peringkat yang sudah ditetapkan oleh pabrikan kendaraan akan menggiring pengemudi kendaraan dan perusahaan pada isu-isu pertanggungjawaban yang serius.

Gross Axle Weight Rating

Gross Axle Weight Rating atau GAWR, adalah distribusi beban maksimal yang dapat ditopang oleh as roda yang ada. Angka ini ditetapkan oleh pabrikan kendaraan dan tidak dapat diubah.

As roda depan dan belakang masing-masing memiliki GAWR sendiri-sendiri dan angka ini memperhitungkan bobot kendaraan, bahan bakar, penumpang, berat kargo, serta bobot alat yang ditarik (jika anda menggandeng peralatan lain). GAWR bersifat tetap dan tidak pernah berubah.

Beban yang ditempatkan pada sebuah as roda berubah ketika ada tambahan muatan (kargo) atau pengurangan muatan, atau dipindahkan ke depan atau ke belakang rumahan atau roda belakang. Ini termasuk menambah bobot dari pasak gandengan.

Menggunakan renggutan (cantelan) distribusi beban saat menarik trailer berat membantu perpindahan bobot pasak trailer dari as roda belakang ke depan.

Gross Vehicle Weight Rating

Gross Vehicle Weight Rating atau GVWR adalah beban maksimal yang diizinkan dari sebuah kendaraan dengan memperhitungkan bobot kendaraan, penumpang, bahan bakar dan kargo. Angka ini ditetapkan oleh pabrikan dan tidak dapat diubah.

Sebagai contoh, kabin standar untuk Ford F-150, two-wheel drive dengan jarak roda 145 inci dan ditenagai oleh V-8, 5,0 liter memiliki GVWR 8.200 lbs (dengan paket daya muat heavy duty), yang meliputi bobot kendaraan 5.080 dan daya muat maksimal 3.120 lbs.

Angka daya muat itu mencakup banyak hal: bobot penumpang, laptop, asesoris-asesoris tambahan, tools, bahan bakar dan kargo kalau ditarik dalam boks. Meski muatan yang ditarik dalam truk anda mungkin bervariasi, GVWR tidak akan berubah.

Tetapi, Gross Vehicle Weight (GVW), berat kendaraan pada saat ini selalu berubah seiring dengan jumlah pemakaian bahan bakar, juga bongkar muat kargo dan penumpang.

Gross Combined Weight Rating

Gross Combined Weight Rating (GCWR) adalah angka penting untuk diperhatikan jika anda menggandeng sebuah trailer. GCWR ditentukan oleh pabrikan kendaraan dan merupakan bobot maksimum yang diperbolehkan dari kombinasi kendaraan penarik dan trailer. Angka ini ditentukan oleh pabrikan dan tidak dapat diubah.

Angka ini ditentukan dengan menambahkan bersama-sama berat kendaraan yang terdaftar, daya muat yang diperbolehkan, bobot pengemudi dan penumpang serta berat trailer (bersama muatannya).

Ini bukan merupakan sebuah ukuran berat dari kendaraan penarik dan trailer, tetapi batas berat maksimal gabungan dari dua kendaraan terpisah, begitu mereka dipasang menjadi satu.

Sekedar catatan, memuat kendaraan melampaui GCWR—pun hanya beberapa kilometer saja—sangat berbahaya dan bisa menyebabkan rem mengalami overheating, membebani secara berlebihan suspense dan as roda, memberikan beban ekstra pada roda sehingga mengakibatkan ban kemps dan masih banyak akibat lainnya. Sebab itu, jagalah truk dan trailer Anda agar selalu mengikuti GCWR yang ditetapkan pabrikan.

Bagaimana Menurut Anda? komentar anda :

Leave a Response

three × two =