Slider
Now Reading
PT Sukses Inti Solusindo: Dewatering Rental Provider
0

PT Sukses Inti Solusindo: Dewatering Rental Provider

Mesin-mesin pompa milik PT Sukses Inti Solusindo

Mesin-mesin pompa milik PT Sukses Inti Solusindo (kiri) dan Alfian, Operational DIrector PT Sukses Inti Solusindo (kanan)

pompa 2 Lubang-lubang  bekas galian di  lokasi-lokasi  tambang maupun  proyek-proyek  konstruksi hampir  selalu dipenuhi  dengan genangan  air. Tingginya  tingkat curah  hujan di berbagai  daerah di Indonesia, apalagi pada musim penghujan, turut  memperparah volume genangan. Kondisi ini sangat mengganggu kelancaran pekerjaan. Proses produksi akan menurun. Selain itu, peralatan-peralatan yang terendam air pun, kalau dibiarkan, akan terancam rusak.

Menyadari besarnya dampak negatif genangan air terhadap efektivitas dan produktivitas kerja, PT. Sukses Inti Solusindo menawarkan jasa dewatering management. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2013 merupakan spesialis dewatering management.

“PT. Sukses Inti Solusiondo menawarkan one stop solution untuk dewatering management, karena kami yang menyediakan alat dan semua kelengkapannya serta bagaimana sistemnya,” ungkap Alfian, Operational Director PT. Sukses Inti Solusindo dalam perbincangan dengan Majalah EQUIPMENT di Palembang awal April 2015.

Ia mengatakan,  pada operasi penambangan, lubang-lubang bekas galian penuh dengan air. Volumenya besar, bahkan besar sekali. Jika tidak segera disedot, seluruh proses pekerjaan akan terganggu.

Ia menambahkan, meski pekerjaan dewatering di pertambangan termasuk special case – karena hanya dilakukan selama ada genangan, namun cara penanganannya sangat kompleks. “Proses penanganannya harus dilakukan dengan cermat. Kami harus perhitungkan volume genangan dan jarak pembuangan.  Setelah itu kami tentukan jenis pompa yang digunakan dan semua kelengkapannya (attachments dan pipeline) plus operatornya,” ungkap Alfian.

Setiap pompa memiliki tipe dan ukuran sendiri-sendiri. Penggunaannya bergantung pada jenis material cair yang disedot, volume dan jarak pemompaan. “PT. Sukses Inti Solusindo memang fokus pada pekerjaan dewatering air dan juga slurry  tetapi dengan kadar SG (solid gravitiy)  yang tidak lebih dari 30 persen,”  ia menerangkan.

Pompa harus digunakan sesuai dengan spesifikasinya agar pekerjaan pemompaan efektif dan mesin awet.  “Mesin-mesin pompa adalah investasi jangka panjang sehingga penggunaannya harus tepat, demikian juga perawatannya harus dilakukan dengan baik. Kita bisa saja menggunakan pompa yang sama untuk menyedot air maupun lumpur, namun kalau mau lebih aman sebaiknya pompa digunakan sesuai spesifikasinya,” ia menyarankan.

Sukses Inti Solusindo membidik pekerjaan dewatering yang cakupannya lebih luas. “Karena kami memposisikan diri sebagai dewatering rental provider, maka pompa-pompa yang kami miliki harus dapat beroperasi dalam multi situasi, terutama dari segi PH air dan solid gravity-nya,” tuturnya.

Sebab itu, ia melanjutkan, perusahaan ini menggunakan pompa yang handal dalam semua situasi dan medan. Ada jenis-jenis pompa tertentu yang memiliki minimum PH yang bisa di-capture, sementara mesin-mesin lainnya bisa semua.

Inventaris mesin pompa yang dimiliki PT. Sukses Inti Solusiondo cukup beragam dengan range capacity mulai dari 100 liter per detik atau 360 liter per jam hingga 400 liter per detik. Tipe-tipenya pun sangat bervariasi. Alfian mencontohkan tipe 8/6 (inlet 8 inci dan outlet 6 inci) bahkan hingga 14 inci. Ukurannya bermacam-macam sesuai aplikasi atau kebutuhan operasi di lapangan.  Saat ini unit-unit pompa tersebut tersebar di berbagai site, seperti Grup Toba Bara, Petrosea, CK (Cipta Kridatama), Hasnur Grup, Bumi Batu Mulia Resources, dan beberapa usaha tambang skala kecil lainnya.

Efisiensi bahan bakar

Menyinggung faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli pompa, Alfian mengatakan yang paling perlu diperhatikan, menurut Alfian, adalah flow dan efisiensi bahan bakar. “Dua hal ini yang menjadi jualan utama kami kepada pelanggan. Pemakaian bahan bakar dari unit-unit pompa yang kami bisa dikurangi hingga 20 persen dan flow-nya lebih bagus, bisa lebih besar hingga 30 persen dalam rpm dan kondisi yang sama,” ungkapnya berpromosi.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah material pembuat rumahan pompa, terutama daya tahannya terhadap abrasi. “Kami menggunakan stainless kelas A49 yang tahan abrasive dan PH air. Kalau tidak, pompa bisa lekas keropos.”

Alfian menerangkan, ada tiga bagian pompa yang menjadi satu kesatuan, yaitu engine, konstruksi (rumahan pompa) dan bar shaft atau wait-end pompanya sendiri yang dirangkai menjadi satu sebagai pompa unit. Pada bagian engine, komponen-komponen yang perlu diperhatikan adalah filter bahan bakar dan oli. Pada bagian pompa, parts yang harus selalu diperhatikan adalah berbagai seal untuk mencegah kebocoran.

 Manajemen rental 

Kebutuhan pompa dalam operasi tambang sangat tinggi. Di mana  pun operasi tambang, unit-unit pompa akan selalu siaga, meski penanganannya per kasus. Idealnya, unit-unit pompa siap beroperasi begitu terjadi genangan. Lebih beresiko kalau pekerjaan dewatering dilakukan pada saat genangan air itu sudah mengganggu pekerjaan lain.

Manajemen rental pompa yang diberlakukan PT. Sukses Inti Solusiondo disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. “Ada customer yang menggunakan jasa kami per kasus. Mereka baru mencari pompa ketika genangan air sudah mengganggu operasi mereka. Tetapi ada juga customer yang by contract per enam bulan hingga per tahun,” terangnya.

Sistem sewa yang ditawarkan perusahaan ini bervariasi. Untuk memudahkan customer, kata Alfian,  PT. Sukses Inti Solusiondo menyediakan beberapa paket guna menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Meski demikian, pada prinsipnya pihaknya menyesuaikan dengan budget pelanggan. “Penawaran kami lebih fleksibel. Tarifnya bisa dalam mata uang dollar maupun rupiah, serta negotiable,” tukasnya meyakinkan.

Dalam setiap kontrak ditentukan jumlah maksimal dan minimal material yang bisa dipompa. Mengapa hal ini perlu disebut dalam kontrak karena setiap unit memiliki safety device yang bisa mengetahui berat beban kerja yang bisa dihisap. Komponen ini bisa shutdown sendiri jika material yang disedot melebihi kapasitasnya.

Alfian mengatakan, ada banyak perusahaan yang menyewakan pompa, namun PT. Sukses Inti Solusiondo lebih dari itu, yakni membantu para customer mengatasi masalah pemompaan secara efisien dan efektif dengan menggunakan mesin-mesin pompa yang handal. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah fleksibilitas dalam membuat agreenment, termasuk payment,” tutupnya sembari mengumbar senyum.

 Tiga tips merawat pompa

 

  1. Operator pompa harus benar-benar terlatih supaya mengerti cara yang tepat mengoperasikan pompa sesuai dengan jenis material yang disedot dan kapasitas pompa itu sendiri.
  2. Patuhi jadwal perawatan berkala supaya memastikan unit selalu terawat dengan baik dan bekerja secara optimal.
  3. Selalu memperhatikan jenis material yang dihisap supaya disesuaikan dengan tipe pompa yang digunakan dan spesifikasi-spesifikasi lainnya.

Bagaimana Menurut Anda? komentar anda :

Leave a Response

1 × one =