Now Reading
Kerta Bumi Teknindo
0

Kerta Bumi Teknindo

Kerta Bumi Teknindo:

 

Nyaman Dengan Genset Cummins Power Generation

 

Gerbang hijau setinggi tiga meter menjadi pemisah antara kompleks workshop milik PT. Kerta Bumi Teknindo (KBT) dengan jalan raya Hankam di daerah Kranggan, Jawa Barat. Di area yang dikelilingi tembok di setiap sisinya itu terlihat beberapa genset berbahan bakar diesel diletakkan berjejer. BKT adalah sebuah power rental company, yang menyewakan genset kepada pihak-pihak yang membutuhkannya.

 

Namun, jangan berpikir genset yang direntalkan oleh KBT merupakan jenis yang biasa digunakan di kantor saat listrik mati. Genset yan disewakan perusahaan ini adalah jenis generator yang dengan kekuatan 1 Mega Volt Ampere (MVA). Karena itu, customer-customer perusahaan ini sebagian besar adalah perusahaan-perusahaan yang memerlukan daya yang besar, seperti PLN, perusahaan tambang maupun oil & gas.

 

“Perusahaan ini berdiri pada tahun 1993. Awalnya BKT bergerak di bidang jualan genset dan mekanikal elektrikal. Baru pada tahun 1999, KBT mulai aktif di bidang rental dan sejak saat itu memutuskan menjadi power plan company,” tutur Dudy Supriyadi, Director sekaligus Owner PT. Kerta Bumi Teknindo (KBT) kepada Majalah Equipment akhir Januari 2014.

 

Ia melanjutkan, ketika pertama kali terjun di bisnis rental, perusahaan ini hanya bermodalkan 3 genset kecil berdaya 500kVA. Namun, setelah hampir lima belas tahun bermain di bidang rental genset, KBT telah telah tumbuh pesat dan kini memiliki lebih dari 114 genset dalam armadanya. Sebagian besar generator tersebut dimanfaatkan oleh PLN di Pulau Sumatera.

 

Dudy mengaku, pencapaian KBT tersebut tidak lepas dari dukungan Altrak 1978 sebagai agen tunggal r Cummins Power Generation di Indonesia. Altrak 1978 telah menjadi mitra KBT sejak pertama kali terjun di bisnis rental genset. Demikian pula, Altrak 1978 memberikan dukungan teknis secara maksimal kepada KBT agar bisnisnya sebagai IPP (Independent Power Producer) untuk PLN dapat terjaga secara baik dan terus meningkat. “Dari total 158 MVA suplai listrik yang dihasilkan oleh seluruh generator milik KBT, sekitar 110 MVA dihasilkan menggunakan Cummins Power Generation,” ujarnya.

 

Altrak 1978 sendiri memiliki dua customer yang bergerak di bisnis rental generator set. Di samping KBT, perusahaan lain bernama PT. Wahana banyak membeli generator dari Altrak 1978.

 

Dudy punya alasan sendiri mengapa menggunakan Cummins Power Generation dalam memperkuat armadanya. Cummins Power Generation dianggapnya sebagai sebuah merk yang cukup popular dengan ketangguhan dan kinerja yang baik, namun mudah dalam perawatannya. Latar belakang Dudy sebagai seorang yang memiliki pengalaman cukup banyak dalam mengenal generator-generator diesel berbagai merk membuatnya memiliki kesempatan untuk membandingkan satu merk dengan yang lainnya.

 

“Dibandingkan dengan yang lain, Cummins Power Generation unggul karena menggunakan engine Cummins type heavy duty sehingga dijamin durabilitas serta kapabilitasnya. Mesin ini mampu dioperasikan secara kontinyu selama 24jam sehari, 7 hari seminggu dan 360 hari setahun, dan hanya berhenti ketika dilakukan perawatan penggantian oli dan filter-filter,” Dudy memaparkan.

 

Di samping itu, lanjut Dudy, Cummins Power Generation juga terkenal hemat dalam penggunaan bahan bakar. Sementara dalam hal layanan purna jual, Cummins Power Generation di-support oleh PT Altrak1978 di hampir seluruh wilayah Indonesia, dengan spare parts yang tersedia di semua kantor cabang dan depo. Demikian pula dengan teknisi yang telah tersertifikasi oleh Cummins akan selalu siap membantu customer.

 

Di Indonesia sendiri, Cummins Power Generation banyak terserap ke sektor perkebunan kelapa sawit khususnya di refinery dan mills, infrastruktur, industr & manufacturing, properti serta pertambangan. Di samping itu, generator ini juga dimanfaatkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

 

Dudy mengatakan, perusahannya banyak menyewakan genset mereka ke beberapa PLN di Sumatera, seperti PLN Sungai Gelam di Jambi, PLN Meulaboh di NAD, PLN Bagan Siapi-api di Kepulauan Riau dan PLN Bengkalis. “Tentu saja keunggulan Cummins Power Generation yang menggunakan tipe engine heavy duty membuatnya mampu beroperasi tanpa henti, sehingga sangat cocok dimanfaatkan oleh PLN yang harus menyuplai listrik tanpa henti bagi masyarakat,” kata Dudy menambahkan.

 

Bicara soal kondisi bisnis rental genset di tanah air, Dudy merasakan perkembangan yang positif dari waktu ke waktu dan optimis akan semakin baik di masa mendatang. Perkembangan industri di Indonesia pada segala sektor tentu saja membutuhkan suplai listrik yang tidak sedikit untuk menggerakan mesin-mesin mereka. “Bagi perusahaan yang memiliki kebutuhan listrik besar, namun tidak mau membeli generator sendiri, mereka bisa menggunakan jasa perusahaan rental,” ujar Dudy.

 

Suatu hal lain yang mendorong semakin berkembangnya bisnis ini adalah keadaan perusahaan listrik negara yang saat ini sering kekurangan daya. Khususnya tiga tahun belakangan, ketika Dahlan Iskan menjabat sebagai direktur PLN, kapasitas perusahaan negara tersebut ditingkatkan secara signifikan agar mampu menyuplai listrik dengan baik. “Peluang perusahaan rental genset ada di situ, yakni dengan menyewakan genset yang mereka miliki untuk digunakan di PLN,” tutup pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat ini.

 

 

 

Bagaimana Menurut Anda? komentar anda :

Leave a Response

nineteen − seven =